Konsep Perkotaan Masa Depan Berbasis Pertanian

Diposting pada

Konsep Perkotaan Masa Depan. Dua masalah yang disebabkan oleh peningkatan kepadatan penduduk di kota-kota yaitu bagaimana menggunakan ruang secara produktif dan bagaimana memberi makan pada semua orang. Sebuah desain konsep perkotaan baru menunjukkan cara mengatasi kedua masalah tersebut. Aprilli Design Studio’s Urban Skyfarm merancang sebuah bangunan pencakar langit seperti pohon yang menyediakan ruang untuk tanaman pertanian.

Aprilli merancang Skyfarm khususnya di Seoul, Korea Selatan, Namun bisa juga di terapka pada semua kota besar yang ada di dunia. Selain menyediakan ruang untuk tumbuhan pangan, hal ini juga akan akan membantu untuk membersihkan udara kota, menghasilkan listrik dan menyediakan tempat bagi orang-orang yang ingin bersantai.

stabilitas dan menoyokong beban Skyfarm bagian atasnya. Bagian utama dari akan menyebar menjadi delapan cabang vertikal yang terhubung satu sama lain untuk memberikan penguatan struktural. Setiap cabang terdiri dari 60-70 deck pertanian, yang dapat digambarkan sebagai bagian daun pohon. Deck tersebar sebanyak mungkin untuk memastikan bahwa mereka dapat menerima paparan sinar matahari yang cukup. Setiap dek memiliki pemanas dan sistem pencahayaan LED yang digunakan untuk membuat “kondisi lingkungan optimal” untuk pertanian.

Desain Skyfarm menggunakan sistem hidroponik untuk menanam tanaman, alih-alih menggunakan pendekatan berbasis tanah. Semakin tinggi, bagian daun eksternal akan digunakan untuk menanam buah-buahan dan sayuran skala yang lebih besar karena membutuhkan lebih banyak paparan udara dan sinar matahari. Sedangkan yang lebih rendah atau bagian internal akan ditanam item tumbuhan yang mungkin dapat berkembang lebih baik di dalam ruangan seperti tumbuhan herbal.

Secara total, Skyfarm akan menyediakan ruang seluas 144.450 meter persegi, dengan 44.000 meter persegi yang didedikasikan untuk tumbuhan di luar ruangan dan 9.000 meter persegi yang didedikasikan untuk tumbuhan dalam ruangan. Ruang kosong pada struktur bagian dasar akan digunakan untuk menampung air hujan dan persiapan stok air yang berfungsi dalam proses tumbuh. Selain itu juga tersedia tempat untuk penampungan hasil pertanian dan pengolahan tanaman hasil diproduksi.

Konsep Perkotaan Masa Depan Berbasis PertanianBagian deck juga sudah termasuk ruang publik dan kafetaria yang dimasukkan ke dalam desain dengan luas area 3.200 meter persegi. Sementara untuk panel surya pada struktur bagian atas berfungsi untuk menghasilkan listrik. Sungguh ini merupakan Konsep Perkotaan yang ramah lingkungan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *