contoh surat pribadi
Memahami Contoh Surat Pribadi Untuk Berbagai Keperluan

Contoh Surat Pribadi

Diposting pada

Di tengah kemajuan teknologi yang kian canggih, contoh surat pribadi ternyata masih dicari banyak orang sebagai penunjang berbagai urusan. Beberapa orang masih bertukar kabar melalui surat dengan teman maupun keluarga. Umumnya, mereka yang memilih berkirim surat berada jauh dari jangkauan internet dengan website,  maupun jaringan seluler. Berkirim surat menjadi satu-satunya cara berbagi kabar berita, baik suka ataupun duka.

Secara harfiah, surat pribadi berbeda dengan surat resmi. Jika surat resmi terikat dari segi bahasa dan aturan, surat pribadi tak demikian. Anda bisa menggunakan bahasa yang santai dan mudah dipahami. Selain penggunaan bahasa santai, topik bahasan di surat pribadi pun cukup beragam. Isi surat bisa menceritakan kondisi hati si pengirim kepada penerima.

Mengingat surat bersifat pribadi, isinya tentu hanya boleh diketahui oleh si pengirim dan penerima. Dengan kata lain, surat pribadi dapat bersifat rahasia dan hanya diketahui kalangan terbatas. Oleh sebab itu, surat pribadi masih sering dimanfaatkan oleh beberapa orang sebagai media komunikasi di masa modern. Lantas, bagaimana menulis surat pribadi yang menarik dan baik? Contoh-contoh berikut akan menunjukkan struktur surat pribadi yang berbeda.

Contoh Surat Pribadi Untuk Sahabat

Berbagi kabar dengan sahabat tentu sangat menyenangkan bukan? Apalagi kalau bisa mencurahkan segala isi hati yang terpendam. Bagi beberapa orang, bertemu dengan sahabat secara langsung mungkin tak bisa. Entah dikarenakan kesibukan atau jarak yang memisahkan mereka. Mau tak mau, berkirim contoh surat pribadi untuk sahabat jadi solusi paling aman sekaligus melegakan.

Contoh Surat Pribadi Untuk Sahabat
Contoh Surat Pribadi Untuk Sahabat

Penajam Paser Utara, 30 Juli 2020

Untuk Sahabatku,

Kai Ranendra

Di Kota Baru,

Apa kabarmu Kai? Aku harap kau baik-baik saja yah. Udah lama kita gak bertemu dan sekadar bercerita. Sejak aku pindah dan menetap disini, kita gak pernah lagi bertemu. Aku kangen Kai main, cerita, dan jalan-jalan bareng kamu. Dua tahun kita pisah, banyak hal yang pengen aku ceritain ke kamu. Tapi sayang, aku belum bisa pulang dan ketemu langsung.

Jujur Kai, disini aku gak sepenuhnya bisa betah dan nyaman. Suasana Kota Baru sangat beda dengan kampung halaman kita. Gak ada kamu disini. Gak ada ibu, ayah, dan adikku juga. Aku kangen rumah, kangen teman-teman, dan kangen kampung Kai.

Oh iya Kai, gimana kerjaan kamu? Maaf yah, aku jadi banyak cerita soal diriku, tapi lupa bertanya soal kamu? Kamu betah di tempat kerja yang baru? Gimana kabar pacar dan kakakmu? Keluargamu baik-baik saja?

Akhir tahun ini, aku dapat cuti Kai. Rencananya aku mau pulang selama seminggu. Semoga kita bisa ketemu dan berbagi cerita yah. Aku bakal ceritain semua hal yang aku alami selama disini. Kamu juga bisa ceritain semua yang belum sempat diceritain di surat sebelumnya yah. Maaf kalau aku agak lama balas surat terakhirmu.

Salam sayang,

 

Denta Puspita

Baca Juga : Contoh Motivation Letter yang Baik dan Benar

Contoh Surat Pribadi dalam Bahasa Inggris

Sahabat pena tak mesti berasal dari dalam negeri. Segelintir orang justru mengenal teman atau sahabat yang berasal dari luar negeri. Bertukar kartu pos masih marak dilakukan oleh para sahabat dari beda negara. Seringkali mereka mengirimkan surat dengan perangko dari tempat asal. Kegiatan ini tentu sangat menyenangkan untuk dilakukan.

Anda bisa berbagi kabar serta mengumpulkan beragam kartu pos atau perangko. Di samping itu, berkirim surat dengan bahasa Inggris sering dijadikan pembelajaran pula. Anda bisa meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris dengan kosakata baru. Tak salah kalau beberapa contoh surat pribadi dalam bahasa Inggris berikut bisa menjadi pedoman awal dalam berkirim surat.

Contoh Surat Pribadi dalam Bahasa Inggris
Contoh Surat Pribadi dalam Bahasa Inggris

Selebihnya, Anda bisa menggunakan kalimat santai atau kosakata slank. Meskipun santai, pastikan Anda tetap melampirkan alamat, tanggal, serta nama yang jelas. Hal ini untuk menghindari salah atau gagal kirim pada surat tersebut.

Contoh Surat Pribadi Singkat

Tak ingin menulis surat terlalu panjang dan bertele-tele? Anda bisa menuliskan surat secara singkat dan padat. Contoh surat pribadi singkat semacam ini masih sering digunakan, terutama kepada orang yang dihormati. Pemilihan kata pun dipilih sebaik mungkin, guna menghindari kesalahpahaman. Supaya Anda lebih memahami surat pribadi yang ringkas, berikut contohnya.

Contoh Surat Pribadi Singkat
Contoh Surat Pribadi Singkat

Malang, 12 Januari 2018

Yts, adikku Ismayanti Noor

Di Pondok Pesantren Iman

Salatiga, Jawa Tengah

 

Assalamualaikum adik,

Maaf yah dik, kakak baru sempat mengabarimu. Bagaimana kabarmu di pondok? Sekolahmu lancar? Kakak dan ibu belum bisa menjengukmu bulan ini. Ayah masih ada kerjaan di luar kota, jadi ibu harus menemani. Kakak sendiri mesti mengikuti ujian tengah semester. Kamu jangan sedih yah, karena kita belum bisa ketemu lagi. Insyaallah bulan depan ayah, ibu, dan kakak akan mengunjungimu. Untuk uang sakumu, ayah titip bersama surat kakak ini. Semoga sudah kamu terima yah. Jaga kesehatan yah dik. Kalau ada apa-apa, kabarin segera ke rumah.

Salam sayang,

 

Alya Noor

Contoh Surat Pribadi Untuk Guru

Setiap murid tentu punya guru idolanya semasa sekolah. Ada pula yang masih menjalin hubungan baik dengan para guru. Tak jarang beberapa diantaranya berkirim surat untuk sekedar menanyakan kabar atau berbagi cerita. Berbeda dengan berkirim surat kepada teman, sahabat, atau adik, Anda perlu menggunakan kalimat yang lebih sopan kepada guru.

Ini disebabkan adanya perbedaan usia antara Anda dan guru. Secara tak langsung, Anda harus menaruh hormat saat berbicara maupun mengirim surat. Sebaiknya, pilih kata-kata yang bersifat netral dan menunjukkan rasa sayang sekaligus hormat. Hindari pemakaian kata yang terkesan santai, layaknya ke teman sebaya. Contoh surat pribadi untuk guru berikut akan sangat membantu.

Contoh Surat Pribadi Untuk Guru
Contoh Surat Pribadi Untuk Guru

Setidaknya, Anda bisa belajar mengenai pilihan kata serta cara penyampaian. Sebagian guru mungkin tak masalah dengan bahasa santai, namun ada pula yang sebaliknya. Oleh sebab itu, kenali karakter guru Anda sebelum mengirimkan surat pribadi. Bila hanya ingin berbagi kabar berita baik, sebaiknya disampaikan secara singkat dan padat.

Contoh Surat Pribadi Untuk Teman

Mengirim surat kepada teman mungkin tak begitu populer di masa modern. Walaupun demikian, segelintir orang masih rutin berkirim surat dengan teman. Alasannya tentu beragam, mulai dari ketiadaan gawai atau sekedar mengenang masa lalu. Ingin mencoba berkirim surat pula dengan teman nun jauh disana? Contoh surat pribadi untuk teman ini mungkin akan sangat membantu.

Contoh Surat Pribadi Untuk Teman
Contoh Surat Pribadi Untuk Teman

Trenggalek, 5 September 2019

Untuk temanku,

Langit Biru

Di Way Kambas

 

Hai Langit, kabarku baik-baik saja disini. Kau merindukanku juga rupanya. Aku kira kau sudah lupa dengan temanmu yang jauh ini. Maaf aku hanya bisa berbagi kabar melalui surat. Maklumlah, tempatku masih jauh dari kota. Aku pun tak punya handphone, jadi masih harus berkabar manual. Bukankah lebih menyenangkan berkirim kabar seperti ini Langit?

Membaca suratmu kemarin membuatku teringat kenangan-kenangan kita. Sudah lama ternyata kita tak bertemu yah? Apakah kau pernah bertemu teman-teman sekolah dulu? Apa kabar mereka sekarang? Pasti sudah pada sukses sepertimu yah? Ah, cuma aku yang begini-begini saja rupanya. Tinggal di pedesaan, bekerja serabutan.

Ingin rasanya aku bertemu kau dan teman-teman yang lain. Seharian berbagi cerita hidup seperti dulu lagi. Andai jarak kita berdekatan, aku bakal langsung menghampirimu Langit. Terima kasih Langit untuk foto-foto lama yang kau kirim bersama surat kemarin. Terima kasih juga mengirimkan hadiah untukku. Maaf aku belum bisa membalas semua kebaikanmu yah.

Semoga kau tambah sukses dan sehat selalu. Aku berharap yang terbaik untukmu dan keluargamu Langit. Segeralah balas suratku Langit.

Salam,

 

Adipati Surya

Contoh Surat Pribadi Bahasa Sunda

Surat pribadi tak harus ditulis dalam bahasa Indonesia atau Inggris. Anda bisa pula menggunakan bahasa daerah saat berkirim surat. Hanya saja perlu dipastikan penerima mengerti bahasa yang Anda gunakan. Jangan sampai, orang yang menerima surat kebingungan saat membaca dan memahami maksud Anda.

Menulis surat dalam bahasa daerah terbilang mudah. Aturan penulisannya tetap sama, yakni terdiri dari pembukaan, isi, dan penutup. Anda bisa menggunakan salam dalam bahasa daerah yang bernada santai. Misalnya saja, contoh surat pribadi bahasa Sunda yang menggunakan pembuka kata wilujeng. Ini tak menjadi masalah selama penerima memahami dan setuju menggunakan bahasa tersebut.

Contoh Surat Pribadi Bahasa Sunda
Contoh Surat Pribadi Bahasa Sunda

Penggunaan bahasa daerah tentu dirasa lebih nyaman untuk sebagian orang, terutama dari daerah yang sama. Surat berbahasa daerah dianggap lebih menarik, sebab menimbulkan rasa bahagia sekaligus kenangan. Untuk orang yang berada jauh dari daerah asal, ini bisa dijadikan sebagai pengobat rindu. Melalui surat, rasa rindu sedikit terobati akan suasana kampung maupun keluarga.

Contoh Surat Pribadi Untuk Orang Tua

Bukan hal baru mengirimkan kabar suka maupun duka melalui surat. Beberapa dekade silam, masyarakat masih memanfaatkan kartu pos dan perangko untuk mengirim kabar. Hal ini berlaku pula saat mengirimkan berita kepada orang tua di kampung. Di masa sekarang, kebiasaan ini sebenarnya masih dilakukan oleh sebagian kecil orang, terutama para orang tua yang gagap teknologi. Contoh surat pribadi untuk orang tua ini bisa memberi sedikit gambaran kepada Anda.

Contoh Surat Pribadi Untuk Orang Tua
Contoh Surat Pribadi Untuk Orang Tua

Turku, 22 Desember 2019

Teruntuk Bunda Tersayang,

Di Baturaja

 

Assalamualaikum Bunda,

Bunda, apa kabar? Semoga Bunda sehat yah. Alhamdulillah, Rein sehat disini Bun. Sekolah Rein juga baik-baik dan lancar. Bun, Rein sudah dapat apartemen baru. Teman satu apartemen Rein kebetulan orang Indonesia juga. Bunda gak perlu khawatir lagi yah sama keadaan Rein. Insyaallah Rein bisa jaga diri dan baik-baik aja disini.

Oh iya Bun, terima kasih buat kiriman uangnya. Padahal Bunda dan Ayah gak perlu repot-repot ngirimin Rein uang. Beasiswa Rein cukup kok buat biaya hidup sehari-hari. Rein gak kekurangan apapun Bun disini. Syukurnya Rein bisa masak setiap hari, jadi sedikit menghemat pengeluaran juga. Bun, gimana kabar rumah? Semua sehat kan? Ayah masih suka mancing gak Bun? Bunda kesepian dong kalau ayah sering pergi mancing. Biasanya ada Rein yang nemenin Bunda yah. Maaf yah Bun, Rein tinggal dulu buat sekolah disini. Doain yah Bun, semoga sekolah Rein lancar sampai nanti lulus.

Sekarang lagi musim dingin disini Bun. Rein kemana-mana mesti pakai baju berlapis-lapis. Untung ada jaket tebal juga, jadi bisa sedikit menghangatkan. Ah, Rein jadi kangen rumah Bun. Biasanya kalau lagi dingin gini, bunda sering bikinin jahe hangat buat Rein. Disini harga jahe mahal Bun, lumayan susah juga dapatnya.

Bun tahu gak? Kemarin Rein sempat main ski sama teman kampus. Seru deh Bun. Nanti kalau ada rejeki, Rein ajak Ayah sama Bunda buat main ski yah. Biar Bunda sama Ayah bisa mainan salju juga. Segini dulu yah Bun surat Rein. Kalau ada waktu, Rein pasti kirimin surat lagi ke Ayah sama Bunda. Rein tunggu surat balasan dari Bunda dan Ayah yah.

Salam rindu,

 

Rein Ananda

Contoh Surat Pribadi Untuk Kakak

Ada banyak cara berkomunikasi dengan orang terdekat ataupun keluarga. Salah satunya melalui surat yang dikirimkan untuk kakak atau adik. Meskipun terlihat kuno, cara ini masih lazim ditemukan. Bagi sebagian orang, berkirim surat dirasa lebih efektif dan mampu menjangkau pelosok daerah. Berbeda dengan jaringan seluler yang masih terbatas di area perkotaan saja.

Bagaimana sistematika penulisan surat pribadi untuk kakak? Adakah aturan khusus yang harus diperhatikan? Sama dengan surat pribadi umumnya, contoh surat pribadi untuk kakak cenderung lebih santai. Anda bisa menyesuaikan bahasa tulisan dengan lisan yang digunakan sehari-hari. Misalnya saja, melemparkan lelucon yang biasa dipakai untuk menggoda kakak. Anda tetap bisa memasukkannya ke dalam surat.

Contoh Surat Pribadi Untuk Kakak
Contoh Surat Pribadi Untuk Kakak

Agar surat tak terkesan formal, Anda bisa pula memilih kata sehari-hari. Memasukkan kode rahasia yang hanya diketahui antar kakak dan adik pun tak dilarang. Pada dasarnya, surat pribadi hanya mengikat si pengirim dan penerima. Selama pengirim dan penerima tak merasa keberatan, maka semua poin bisa dimasukkan, termasuk guyonan dan cemoohan.

Contoh Surat Pribadi Resmi

Anda mungkin bertanya-tanya, apakah ada surat pribadi yang bersifat resmi? Selama ini, kita mengenal surat pribadi hanya menggunakan kalimat santai. Tak banyak yang menyangka, surat pribadi pun bisa ditulis dan bersifat resmi. Umumnya, contoh surat pribadi resmi menginformasikan suatu acara atau agenda yang akan datang. Anda bisa melihat contoh berikut ini untuk lebih jelasnya.

Contoh Surat Pribadi Resmi
Contoh Surat Pribadi Resmi

Banda Naira, 5 Mei 2020

Untuk Obin Sulistyo

Di tempat,

Salam,

Hai Obin, apa kabar? Semoga kamu baik-baik saja. Sudah lama kita tidak berjumpa atau berkirim kabar bukan? Jujur, aku rindu mendengar kabar ataupun bertemu denganmu langsung. Semoga ada kesempatan untuk bertemu lagi denganmu.

Melalui surat ini, aku ingin mengabarkan bahwa acara reuni bulan depan tak bisa dilaksanakan. Karena satu dan lain hal, acara mesti dibatalkan sampai tenggat waktu yang tak ditentukan. Oleh sebab itu, aku berharap kamu bisa memahami keputusan panitia acara.

Jika kamu ada pertanyaan terkait acara, bisa langsung ditanyakan kepadaku atau teman panitia yang lain. Untuk dana yang sudah terkumpul, selanjutnya akan dikembalikan. Pengembalian dana bakal dikabarin oleh panitia. Nanti panitia akan menghubungimu untuk proses pengembalian dan lainnya.

Demikian berita yang ingin aku sampaikan. Aku berharap kita tetap bisa saling memberi kabar. Semoga kamu bisa membalas suratku kalau ada waktu.

Salam,

 

Husein Mukhtar

Contoh Surat Pribadi Bahasa Indonesia

Sebagai bahasa nasional, bahasa Indonesia tentu sering digunakan. Tak cuma dalam kehidupan sehari-hari, bahasa Indonesia lazim pula dipakai saat berkirim surat. Menggunakan bahasa Indonesia dalam penulisan tentu lebih efektif, mengingat masyarakat memahaminya. Jika bahasa daerah hanya digunakan oleh orang dari daerah yang sama, tidak begitu halnya dengan bahasa Indonesia.

Sebagian besar penduduk Indonesia aktif menggunakan bahasa Indonesia. Contoh surat pribadi bahasa Indonesia pun tak terkesan lebih luwes dan tak terikat. Aturan penulisannya pun sangat bebas, hanya memperhatikan kalimat sapaan kepada penerima.

Contoh Surat Pribadi Bahasa Indonesia
Contoh Surat Pribadi Bahasa Indonesia

Anda pun tentunya bisa lebih leluasa mengungkapkan berbagai hal dalam bahasa yang mudah dipahami bukan? Itulah beberapa contoh surat pribadi yang baik dan benar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *